-->

Donasi Kami

Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda
0.0

Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda

Baca Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda

Baca Komik Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda bahasa Indonesia lengkap dan baru di IiWare - Share Is Here. Kami menyediakan Komik, Manhua, Manhwa, dan Novel yang dapat kalian baca online gratis.


Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda
iiware.blogspot.com


    Setelah kemarin sudah membahas tentang cara ubah tampilan boot loading di ubuntu.oke,sekarang saatnya,berganti haluan.Hari ini saya akan membahas pelajaran sejarah(inget jaman sma...pak guru lagi jelasin...hehehe).Mungkin agan" sekalian,dh pada tau khan negara Belanda?(masak sih gk tau).

ya,mungkin dari anak SD sampe kakek-nenek sdh pda tuau negara Belanda.Tapi hanya sebagian kecil yang mengetahui asal usul kata BELANDA.
ya....nama asli Nerara Belanda adalah Netherland,tapi kenapa mayoritas orang Indonesia menyebut Negara Netherland dengen sebutan Belanda(Sebagian kecil menyebut dengan sebutan Londo)???
Dari penelusuran dan himpunan berbagai informasi yang kami terima,ada 2 pendapat yang berbeda tentang asal usul nama Belanda
ternyata Kata Belanda ini telah dipakai oleh rakyat Indonesia hampir kurang lebih 4 abad(Buyut ane aja belum lahir tuch....bayangin aje....hehehe)
berikut ceritanya,di TKP(kok kayak OVJ...hehehe)




1)Pendapat yang pertama adalah kata Belanda adalah kata pangilan yang diciptakan oleh musyawarah Mudzakarah Ulama se-rumpun Melayu yang diadakan di sekitar jalan Pagar alam-Muara enim(sekitar 4 jam dari Palembang)Sumatra Selatan pada tahun 1650 M(1072 H) yang terdiri dari 50 Ulama dari Melayu.TTokohutama pertemuan itu, adalah Syech Nurqodim al Baharudin (Puyang Awak), salah seorang cucu dari Sunan Gunung Jati. Trahnya adalah melalui puterinya Panembahan Ratu, yang menikah dengan Danuresia (Ratu Agung Empu Eyang Dade Abang).
Hasil dari Mudzakarah Ulama abad ke-17, yang dipelopori oleh Syech Baharudin, antara lain:



1. memperluas dakwah Islam. Dengan demikian, paham animisme yang masih berkembang di masyarakat semakin berkurang dan terkikis.



2. Munculnya kader-kader mujahid, yang mengadakan perlawanan terhadap penjajah Eropa.



Dari peristiwa Mudzakarah inilah, munculnya istilah Belanda sebagai sebutan bagi bangsa Netherland, yang menjadi penjajah ketika itu. Adapun makna kata Belanda, berasal dari kata belahnde (belah = memecah, nde = keluarga). Dan dengan menyebarnya, istilah Belanda ke seluruh pelosok Nusantara, menjadikan bukti bahwa hasil Mudzakarah tahun 1650M telah menjadi “Konsensus Nasional“.

Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda
iiware.blogspot.com
Sementara disekitar tempat terjadinya peristiwa Mudzakarah, dinamai semende, yang bermakna satu keluarga (seme = same = sama = satu; nde = keluarga), yang merupakan lawan dari kata Belanda.



sementara itu



2)pendapat kedua adalahSebelum netherland menguasai Indonesia,Indonesia sudah terlebih dahulu dikuasai oleh negara Portugis.Dan orang" Portugis menyebut Netherland sebagai HOLANDIA/Holand.Dan orang" nusantara mengenal nya sebagai holland,karena aksen orng portugis menyebut NetherLand sebagai holland ,semakina lama" Holand semakin berubah karena pengaruh aksen dan cara pengucapan orang Indonesia yang mempuyai berbagai suku bangsa dan bahasa.Lalu Holand berubanh menjadi -> olanda ->
wolanda -> bolanda -> "Belanda".
Belanda adalah salah satu negara yang pernah
menguasai Indonesia dan baru mengakui
kedaulatan Indonesia pada tanggal 27
Desember 1949, namun sekarang mengakui

Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.
Pendapat ini diperkuat oleh sejarah Devide et empira ala VOC baru disadari setelah sumpah pemuda

Asal Usul nama,kenapa orang Indonesia menyebut Netherland sebagai Belanda
iiware.blogspot.com




Okey sekian sejarah dari saya,sejarah diatas telah diperkuat bukti dan sejarah
Jdai terserah agan" sekalian,mau pilih pendapat yang mana
CMIIW
jika berkenan tolong share sejarah ini
agar Putra-Putri Indonesia dapat mengetahui asal usul Sejarah nama Belanda yang pernah menguasai indonesia selama berabad"
Hidup indonesia....
salam

Series

Donasi Kami

/* script Youtube Responsive */