-->

Donasi Kami

0.0

Baca

Baca Komik bahasa Indonesia lengkap dan baru di IiWare - Share Is Here. Kami menyediakan Komik, Manhua, Manhwa, dan Novel yang dapat kalian baca online gratis.

-->
Akhir-akhir ini,aku sangat berminat pada karangan cerita.Baik itu cerpen,novel dan komik.Tetapi,sesuatu yang istimewa justru adalah adanya keinginanku untuk mencitakan suatu karangan original buatanku sendiri.Ya,semua berawal dari pertama kalinya ku menemukan manga yang berjudul¨Ubunchu¨.Manga itu sendiri mengisahkan,tiga orang siswa suatu sekolah yang tergabung dalam suatu exschool komputer yang baru saja memperlajari sistem operasi Ubuntu.Sungguh tema yang jarang dalam dunia manga.Tapi,menurutku ada sesuatu yang kurang kuat dalam segi ceritanya.Dan justru seakan lebih seperti seminar pengenalan sistem operasi itu sendiri.Sangat terlihat,bahwa komik ini hanya bertujuan untuk mempromosikan Ubuntu itu sendiri.
Dari rasa kekecewaan itulah,timbul keinginanku untuk membuat manga sendiri yang bertemakan tentang dunia komputer.Tetapi,karena saya sendiri tak pandai menggambar.Maka saya putuskan untuk membuat sebuah cerita,dalam bentuk tulisan.
Dari keinginan itulah,Saya mulai banyak mempelajari tentang aspek-aspek dalam cerita,dan segala seluk-beluk dalam cerita.
Dari apa yang saya pelajari dan cari tahu itu,Saya menemukan beberapa komponen dan faktor yang membuat cerita menjadi menarik dan bagus.Diantaranya,mungkin akan saya jelaskan satu persatu di bawah ini:

Adanya intrik dan konflik
Apalah jadinya,sebuah cerita tanpa adanya intrik dan konflik yang harus diselesaikan oleh protagonis.suatu intrik bisa di berikan secara bertahap dari intik yang mudah hingga sesuatu konlik yang teramat berat yang harus di selesaikan oleh tokoh utama.Dalam menentukan intik dan konflik.cerita yang bagus biasanya mempunyai batas waktu dan konsekwensi yang harus di pertaruhkan oleh sang protagonis.Contoh nya dalam batas waktu adalah ketika sang protagonis menghadapi suatu permasalaha,ia harus menyelesaikannya dalam jangka waktu yang ditentukan.Dan dalam hal konsekwensi adalah sesuatu yang harus dikorbankan jika si protagonis tak bisa menyelesaikan permasalahannya.

Antagonis
Sebuah cerita yang bagus dan menarik(menurut saya) adalah cerita yang memiliki peran antagonis di dalamnya.Antagonis adalah merupakan rival dari tokoh utama.Dan dalam hal aspek cerita,antagonis selalu berlawanan arah dengan protagonis,baik dalam hal pemikiran,pendapat,ataupun sikap.Apalah jadinya,jika sebuah cerita tanpa antagonis.Cerita tersebut akan terasa membosankan.Ada beberapa contoh cerita yang menurut saya membosankan,karena tak adanya peran antagonis.Yaitu diantaranya animasi upin-ipin,Anime crayon sinchan,animasi keluarga si somat dan masih banyak lainnya.

Adanya visi
Banyak sekali cerita-cerita di Indonesia(terutama sinetron) yang menurut saya tak mempunyai tujuan dari cerita.Cerita yang bagus haruslah mempunyai tujuan dan alasan dari apa yang dilakukan protagonis.contoh : Serial Doraemon yang mempunyai visi,membuat nobita menjadi sukses.Contoh lainnya adalah detektif conan yang bertujuan menghancurkan BO.Sebuah cerita terkenal pun ada juga yang tak mempunyai visi dalam ceritanya.Tetapi,menurut saya,aspek ini sangat berpengaruh pada masa depan cerita dan kelangsungan cerita itu sendiri.kesetiaan penggemar cerita pun,banyak ditentukan oleh aspek ini.

Adanya aspek pendidikan dan pesan moral
Jika keiga aspek telah dimiliki oleh suatu cerita.Maka yang tak kalah penting adalah pendidikan dan pesan moral yang terkandung dalam cerita.Cerita yang bagus,tak hanya berguna sebagai hiburan.Tetapi,ada sesuatu pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang yang berguna dan dapat dibawa pulang oleh penggemar

Kandungan mistery
Aspek ini sendiri,bukan hanya berlaku pada cerita misteri ataupun cerita detektif saja.Tetapi bisa diterapkan pada semua genre.Kita ketahui,bahwa manusia adalah mahkluk yang mempunyai rasa ingin tahu dan rasa penasaran yang tinggi.Biarkanlah penggemar,menerka nerka apa yang akan terjadi.Baik pada suatu adegan,penguakan tokoh,ataupun jalannya cerita.Aspek ini tak kalah pentingnya,untuk kelangsungan cerita itu sendiri.contoh cerita yang menerapkan aspek ini adalah cerita manga naruto yang membiakan penggemarnya untuk menebak siapa pria di balik topeng tobi,padahal dalam hal genre sendiri.Naruto bukanlah cerita mistery.

Series

Donasi Kami

/* script Youtube Responsive */